Departemen Olahraga dan Kesehatan Gelar Festival Olahraga Tingkat SD-SMP se-Kulon Progo

Festival Olahraga
Departemen Olahraga dan Kesehatan menggelar Festival Olahraga Tingkat SD-SMP pada Sabtu (02/3 dan 09/3) di Stadion dan GOR Fakultas Vokasi UNY Kampus Kulon Progo. Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPkM) oleh dosen Departemen Olahraga dan Kesehatan Fakultas Vokasi UNY. Festival Olahraga dilaksanakan selama dua hari yang berbeda. Pada hari sabtu minggu pertama, cabang olahraga (cabor) yang diselenggarakan untuk tingkat SD yaitu cabor Sepakbola, kemudian untuk tingkat SMP yaitu cabor bola volley-putra dan tenis lapangan putra/putri.
 
Kegiatan diawali dengan pengenalan dan sosialisasi peragaan olahraga karate dan panahan oleh masing-masing atlet cabor. Kemudian dilanjutkan sambutan dan pembukaan secara resmi oleh Sekretaris Departemen Olahraga dan Kesehatan FV UNY,Ahmad Ridwan, M.Or yang menyambut baik kegiatan ini. Festival Olahraga ini sebagai media untuk mengenalkan olahraga pada usia sekolah dan fasilitas fasilitas olahraga yang ada di Fakultas Vokasi. Sehingga ke depan akan muncul talenta talenta muda berprestasdi lingkungan Kulon Progo. Kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan masing-masing cabor, sesi pertama menyelenggarakan cabor sepakbola-SD dan tenis lapangan-SMP.
 
Cabor sepakbola SD diikuti oleh 9 tim dari SD N Wates 4, SD N Percobaan 4 Wates, SD N Wates 2, SD N Graulan, SD N Bendungan 6, SDIT Ibnu Mas’ud, SD Muhammadiyah Mutihan Wates, SD Kanisius Wates, dan MIN 2 Kulon Progo. Pertandingan menggunakan 2 lapangan dan system knock out/gugur. Juara cabor sepakbola SD yaitu berurutan juara I SD N Graulan, juara II SD Muhammadiyah Mutihan Wates, juara III MIN 2 Kulon Progo, dan juara IV SD N Percobaan 4 Wates. Penyerahan tropi juara IV dan III oleh bapak Suryo Utomo, M.Pd., selaku dosen Departemen Olahraga dan Kesehatan FV UNY, juara II oleh bapak Adib Febrianta, M.Pd., selaku dosen Departemen Olahraga dan Kesehatan FV UNY, dan juara I diserahkan oleh bapak Dekan Fakultas Vokasi UNY Prof. Dr. Komarudin, M.A.
 
Cabor tenis lapangan diikuti oleh 8 orang. Juara cabor tenis lapangan yaitu berurutan juara I diraih oleh saudara Faiz, juara II diperoleh saudari Naswa, dan juara III didapatkan saudari Amel. Penyerahan tropi juara oleh ibu Rekyan Woro Mulaksito Mulyadi, M.Pd., selaku dosen Departemen Olahraga dan Kesehatan FV UNY.
 
Pada sesi ke dua, Sabtu (9/03) diselenggarakan cabor bola volley-SMP. Cabor bola volley-putra SMP yang diikuti oleh 8 tim dari SMP N 1 Panjatan, SMP N 2 Sentolo, SMP N 3 Sentolo, SMP N 3 Pengasih, SMP N 1 Kokap, SMP N 2 Kokap, MTs N 2 Kulon Progo, dan MTs N 4 Kulon Progo. Pertandingan menggunakan 2 lapangan dan system knock out/gugur. Juara cabor bola volley-putra SMP yaitu berurutan juara I MTs N 4 Kulon Progo, juara II SMP N 3 Sentolo, juara III SMP N 2 Kokap, dan juara IV SMP N 1 Panjatan. Penyerahan tropi juara IV oleh bapak Galih Pamungkas, M.Pd., juara III oleh bapak Fatoni Yanuar Akhmad, M.Or., juara II oleh bapak Ari Septiyanto, M.Pd., dan juara I oleh bapak Syamsuryadin, M.Pd., selaku dosen Departemen Olahraga dan Kesehatan FV UNY. (Fatoni/Tha)