Dua Mahasiswa Sarjana Terapan Tata Rias UNY Maju ke Seleksi Nasional Asian Skill Competition

Mahasiswa Sarjana Terapan Tata Rias UNY Kampus Wates meraih predikat juara ke 2 dan ke 3 pada seleksi daerah lomba Asean Skill Competition ( ASC) dengan bidang kejuruan Beauty Therapy. Juara kedua diraih oleh Kezia Refalina Enjang Rahaya dan Juara 3 diraih oleh Dea Ardani Putri. Karena nilai melebihi passing grade yang telah ditetapkan maka  berhak untuk maju ke seleksi tingkat nasional ASC.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan RI pada tanggal 1- 4 Agustus 2022 bertempat di Gedung Samiaji, SMK N 4 Yogyakarta. Asean Skill Competition merupakan kompetisi ketrampilan tingkat ASEAN yang dilaksanakan dua tahun sekali dan diikuti oleh 10 negara di Asia Tenggara. Seleksi ASC diadakan mulai dari tingkat daerah, nasional dan diakhiri tingkat ASEAN.

Menurut koorprodi Sarjana Terapan Tata Rias UNY Kecantikan UNY, Eni Juniastuti, M.Pd. menyatakan bahwa jenis lomba beauty therapy memiliki beberapa jenis mata uji yaitu perawatan wajah menggunakan teknologi, perawatan badan, rias pesta (malam hari), manicure dan nail art. “Kompetisi ini melatih mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi dalam bidang beauty theraphy bagi mahasiswa dan melatih agar mahasiswa memiliki jiwa kompetisi dalam kejuaraan,”

Dalam kesempatan yang sama, Dosen pendamping lomba, Elok Novita, M.Pd. menyampaikan bahwa sebelum kompetisi ini dimulai kita telah melakukan pendampingan lomba selama 10 hari untuk memberikan motivasi, bimbingan dan latihan secara periodik sesuai dengan kisi- kisi lomba yang telah ditentukan. “Karena masih dalam masa pandemi sehingga untuk praktek pendampingan dilakukan secara bergantian dan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Walaupun persiapan sangat singkat mahasiswa sangat antusias dan semangat untuk mengikuti kompetisi ini”, ungkap Elok.(Tusti)