AL-‘AADIYAAT UNY RAIH JUARA 2 KONTES ROBOT SEPAK BOLA INDONESIA HUMANOID TINGKAT NASIONAL TAHUN 2024

UNY mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Regional tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di Universitas Muhammadiyah Solo. Kegiatan ini digelar pada (1-6/7) di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

 Dalam kejuaraan ini UNY mengikuti tujuh kategori yaitu Tim Mobo-Evo (KRSBI-Beroda), Tim Gareng Punk (KRSI), Tim Al-‘Aadiyaat dalam (KRSBI-Humanoid), Tim Maestro-Evo (KRAI), Tim Abhinaya (KRTMI), Tim Mavis (KRBAI) dan Tim Rosemery (KRSTI) yang bertanding di tingkat Nasional. 

Dalam kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai lintas prodi dan fakultas. Fakultas Vokasi mengirimkan mahasiswa antara lain Naufal Nafi' Nusantoro (D4 Teknik Elektronika 2020), Afif Ilham Syafi Udin(D4 Teknik Elektronika 2020), Muhammad Farid Kurniawan (D4 Teknik Mesin 2022) dan Yusuf Ade Pratama (D4 Teknik Mesin 2022).

Al-‘Aadiyaat memiliki 5 robot humanoid yang gagah dan lincah. Dari ke-5 robot memiliki ciri khas masing-masing, namun memiliki filosofi yang sama dengan arti dari nama dan logo Al-‘Aadiyaat yaitu, kuda perang yang gagah dan lincah yang siap untuk mengalahkan lawan.

Robot Sepak Bola Humanoid Universitas Negeri Yogyakarta yang lebih dikenal dengan AL-‘AADIYAAT kembali raih kejuaraan pada Kontes Robot Indonesia yang diadakan oleh Puspresnas. Pada kontes ini, perjuangan Tim Al-‘Aadiyaat terbayar dengan berhasil meraih juara 1 Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid) Wilayah I dan Juara 2 Pada tingkat Nasional. Tim Al-‘Aadiyaat mendapatkan juara 2 dari 13 tim yang lolos pada tingkat Nasional dai hasil seleksi tingkat wilayah.

“Alhamdulillah tim Al-‘Aadiyaat meraih juara 2 ditingkat Nasional setelah mengalahkan tim Barelang dari Politeknik Negeri Batam dan melaju pada tingkat final dan kalah oleh tim Ichiro dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, kami sangat bersyukur atas pencapaian ini. Kami juga tidak menyangka bakalan bisa mencapai juara 2 dalam tingkat Nasional. Terima kasih untuk semua pihak yang telah mendoakan dan memberikan support yang baik untuk tim Al-Aadiyaat saat bertanding di tingkat Nasional” Ujar Hudzaifi selaku ketua Tim Al-‘Aadiyaat.

 

Untuk persiapan lomba tingkat Nasional, Tim Al-‘Aadiyaat memulainya dari pengecekan kesiapan robot, merancang desain, penataan lapangan, hingga pembuatan motion untuk bertanding. Hudzaifi meyakini dalam menyiapkan lomba ini seluruh tim turut berperan aktif dalam menjalankan setiap prosesnya. 

Dosen pembimbing Ariadie Chandra Nugraha, ST.,MT. mengaku bangga akan pencapaian tim pada jenjang Nasional tahun ini karena lebih baik jika dibandingkan tahun sebelumnya yang meraih juara 3 pada tingkat Nasional. 

“Tidak disangka tahun ini tim Al ‘Aadiyaat bisa meraih juara 2 pada tingkat nasional ini karena melihat tim lawan yang memiliki kemampuan yang tidak bisa diragukan dan telah menjadi juara pada tahun sebelumnya, Alhamdulillah tahun ini prestasi tim sudah mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, saya berharap untuk tahun depan tim bisa mempertahankan prestasinya baik di tingkat Wilayah maupun ditingkat Nasional. Saya sangat bangga dengan perjuangan anggota tim dalam mempersiapkan tingkat nasional ini karena jeda dengan tingkat wilayah kemarin sangat terbatas waktunya dan sempat mengalami banyak kendala sebelum hari H untuk KRI Nasional di Universitas Muhammadiyah Surakarta” ujar Desfitra selaku Manager Tim Al ‘Aadiyaat. (Desfitra)