PELATIHAN ROBOTIC WELDING UNTUK MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Kebutuhan industry akan kemampuan tenaga kerja terus berubah mengikuti pesatnya perkembangan teknologi yang saat ini memasuki era Industri 4.0 yang ditandai dengan penerapan teknologi otomasi dan robotic. Otomasi produksi diterapkan oleh industri manufaktur bertujuan untuk menciptakan efekifitas dan efisiensi produksi agar dapat mempersingkat proses dan mendapatkan hasil produk yang berkualitas untuk memenangkan persaingan bisnis. Teknologi otomasi dan robotic merupakan masa depan proses produksi di industri manufaktur. Oleh karena itu, siswa SMK sebagai calon tenaga kerja harus disiapkan dengan baik agar mereka siap bekerja di dunia industry.

Penyiapan lulusan yang siap kerja tidak bisa dilepaskan dari kualitas pendidik. Alasan itulah yang mendorong Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Kelompok Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang bertugas di Kampus Vokasi UNY Wates menyelenggarakan Pelatihan Robotic Welding bagi Guru SMK bidang pengelasan. Tim Pengabdi di antaranya Dr. Ir. Widarto, M.Pd., Slamet Karyono, M.T., Ahmad Fikrie, S.ST, M.T., Aris Eko Wibowo, M.Pd., Ardani Ahsanul Fakhri, M.Pd., dan Burhan Febrinawarta, M.T. Pelatihan diselenggarakan pada 28/08/2021 sampai dengan 02/09/2021 di Laboratorium Robotic Welding, Kampus Vokasi UNY Wates.

Pelatihan ini diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari SMK Muhammadiyah 2 Wates dan SMK Negeri 2 Pengasih. Pelatihan terdiri dari teori dan praktik. Penjelasan teori dilakukan secara daring melalui Zoom selama dua hari, sedangkan praktik dilakukan secara tatap muka selama empat hari dengan menerapkan protokol Kesehatan Covid 2019 secara ketat dimana setiap harinya pelatihan dibatasi hanya untuk 5 peserta.

Dr, Widarto selaku Ketua Pengelola Kampus Wates sekaligus Ketua Tim PkM saat pembukaan berharap pelatihan ini dapat bermanfaat bagi para guru untuk mengembangkan proses pembelajaran khususnya di bidang otomasi las. “Semoga pelatihan robotic welding ini nantinya dapat ditularkan baik kepada siswa di sekolah Bapak-bapak maupun kepada kolega guru yang lain,” ujarnya.

“Jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan dengan cara menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer,” pesan Ketua Pengelola Kampus Vokasi UNY Wates

Ahmad Fikrie, salah satu tim pengabdi, saat ditemui disela-sela pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan keterampilan kepada guru SMK tentang robotic welding di era revolusi industry 4.0, serta memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berorientasi pada era industri 4.0. “Penggunaan robotic welding di industri saat ini sangat pesat sehingga pendidik sekolah vokasi dituntut beradaptasi untuk menyelenggarakan pembelajaran yang berorientasi pada era revolusi industry 4.0,” ujarnya. (aew)