Gelar Dies Natalis Ke- 1, FV UNY Komitmen Cetak Lulusan Siap Hadapi Dunia Kerja

Upacara Dies Natalis ke-1 Fakultas Vokasi yang bertema “Fakultas Vokasi UNY melahirkan SDM Kompeten bertaraf Internasional untuk Menuju Indonesia Jaya” diselenggarakan di Ruang Sidang Utama Gedung Layanan Akademik pada Rabu (3/1/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Ketua Majelis Wali Amanat, Ketua Dharmawanita Persatuan Universitas Negeri Yogyakarta, Wakil Rektor, Wakil Dekan Fakultas, Dekan Fakultas Vokasi, Anggota Senat, Mitra Kerja, Dosen, Tenaga Kependidikan, serta Mahasiswa.

Sebelum Upacara dibuka diawali dengan persembahan tari Sekar Pudyastuti yang ditampilkan oleh Addien Ismi Fadhilah, Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Administrasi Perkantoran dan Avinta Rizki Lestari, Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Akuntansi. Tarian Sekar Pudyastuti ini merupakan tarian penyambutan dari Daerah Istimewa Yogyakarta yang diartikan sebagai ungkapan permohonan doa dan ucapan rasa syukur atas keselamatan dan kesuburan.

Upacara Dies Natalis ke-1 Fakultas Vokasi dibuka oleh ketua Senat Akademik Fakultas Vokasi, Bapak Prof. Dr. Subagyo, M.Pd. Dilanjutkan Laporan Dekan Fakultas Vokasi oleh Bapak Prof. Dr. Komarudin, S.Pd.,M.A yang menyampaikan, Fakultas Vokasi Sebagai bagian dari Universitas Negeri Yogyakarta mengemban amanah sebagai penyelenggara pendidikan vokasional yang bertujuan tidak hanya menghasilkan lulusan yang terampil dan kompeten, tetapi membekali lulusan yang memiliki nilai dan karakter mulia. Selain itu juga meluluskan sumber daya manusia professional yang unggul, kreatif, inovatif, berkelanjutan sebagaimana pada visi dan misi dari Universitas Negeri Yogyakarta.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Rektor Universitas Negeri Yogyakarta, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes.AIFO yang turut berbahagia dengan Dies Nataliske yang pertama untuk Fakultas Vokasi, serta mengucapkan selamat dan sukses untuk Fakultas Vokasi. Bapak Rektor memberikan apresiasi terhadap Kampus Vokasi Gunung Kidul dan Kampus Kulon Progo yang bercirikan rapi dan bersih.

"Mengikuti jejak kesuksesan Kampung Emas di Krapyak Sleman, pada tahun 2024 akan dicanangkan kampung laboratorium di Kampus Kulon Progo. Karena Kampus Kulon Progo ini berada di antara Dusun Terbah dan Dusun Serut untuk proyeksi kedepan dua kampung tersebut akan menjadi objek pengembangan laboratorium kampung emas Bersama Dusun Gowasari, Pajangan Bantul", tambah Sumaryanto.

Pada orasi ilmiah yang disampaikan oleh Ketua Majelis Wali Amanat, Prof. Dr. Suyanto, M.Ed., Ph.D. yang memaparkan terkait aspek-aspek vokasi antara lain peran Fakultas Vokasi dalam menghasillan lulusan yang berkompeten tidak hanya memiliki hard skill tapi juga soft skill. "Dalam dunia kerja, saat kita akan memasuki dunia kerja yang dibutuhkan adalah hardskill, tapi untuk dapat bertahan dan mendapatkan promosi atau naik jabatan yang dibutuhkan adalah softskill. Soft skill merupakan bagaimana tentang interpersonal dan intrapersonal itu berkembang dalam diri tiap individu. " ujar Suyanto, M.Ed. Ph.D.

"Dalam dunia industri memiliki perubahan yang dinamis. Untuk itu, kurikulum pendidikan vokasi juga harus mampu beradaptasi menyesuaikan dengan kebutuhan industri. Melalui jejaring industri, pihak kampus akan mendapatkan informasi tentang kebutuhan dan perubahan pada dunia industri, tambah Suyanto.

Pada kegiatan kali ini juga diadakan pemberian penghargaan bagi Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa berprestasi Fakultas Vokasi serta Pemenang Lomba Profil Prodi dalam rangka Dies Natalis Fakultas Vokasi.