Mahasiswa FV Gelar Vokasi Muda Berdaya di Nglipar, Gunungkidul

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Vokasi menggelar kegiatan Vokasi Muda Berdaya" di Dusun Pringombo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, selama tiga hari dua malam, 22-24 September 2023. Kegiatan ini merupakan program kerja Departemen Sosial Masyarakat BEM FV Universitas Yogyakarta. Menurut Raihan, Ketua pelaksana Vokasi Muda Berdaya BEM KM FV kegiatan ini di bertujuan memberikan kontribusi postif dengan meningkatkan kualitas SDM melalui pembekalan ilmu, membangun jiwa kepekaan dan kepedulian sosial masyarakat di Dusun Pringombo dengan bantuan dari relawan para mahasisa Fakultas Vokasi.

“Kegiatan memberikan pengalaman berharga bagi kami mahasiswa untuk belajar lebih banyak tentang kehidupan di tengah-tengah masyarakat dan mengembangkan empati serta jiwa sosial yang tinggi.”imbuh Raihan.

Dalam sesi seminar entrepreunership, Kurniawan Fahmi, Ketua KSPPS BMT Dana Insani bahwa kegiatan seperti ini dapat meningkatkan ketrampilan Masyarakat berwirausaha dan memberikan Pendidikan postif kepada remaja.

Senada dengan itu, menurut Faishal Alam S.Pd., narasumber dalam bidang kewirausahaan “Peran masyarakat sangat penting dalam mendukung proses pendidikan formal dengan menciptakan lingkungan belajar, mendukung fasilitas belajar, dan memberikan dukungan moral dan sosial kepada siswa”.

Kepala Dukuh Dusun Pringombo, Nglipar, Rustiadi memberikan apreasiasi yang tinggi bagi para mahasiswa yang telah berkontrtribusi untuk terjun ke masyarakat dan memberikan sumbangsih nyata melalui kegiatan edukasi baik berupa kelas Pendidikan bagi anak SD, lomba voly, bazar pakaian layak pakai serta kegiatan api unggun.

Kegiatan "Vokasi Muda Berdaya" disambut baik oleh para Masyarakat. Menurut salah satu warga, ibu Meni merasa senang dengan keberadaan para mahasiswa di dusun Pringombo “Senang sekali para panitia Vokasi Muda Berdaya datang ke Dusun Pringombo ini untuk meningkatkan kualitas SDM nya, kami merasa terbantu atas kedatangan kalian. Jangan melupakan Dusun Pringombo yaa. Untuk kalian para panitia Vokasi Muda Berdaya tetap semangat menjadi mahasiswa”, ujar Ibu Meni.

Selaras, menurut Arnes Syaputri, "Senang banget ada kakak-kakak "Vokasi Muda Berdaya" yang sudah membuat kegiatan kelas pendidikan anak SD dan kegiatan api unggun. Semoga kakak-kakak "Vokasi Muda Berdaya" tidak melupakan kami yang ada di Dusun Pringombo", ujar Arnes Syaputri selaku anak-anak Dusun Pringombo. (firman/tha)