Fakultas Vokasi UNY Ikuti Diskusi Kelompok Petakan Kebutuhan Tenaga Kerja di Daerah Istimewa Yogyakarta

foto

Tim Konsorsium DIY Program Ekosistem Kemitraan Berbasis Potensi Daerah bersama mitra DUDI menyelenggarakan Diskusi Terpumpun Future of Works pada Jumat (3/5) di Akademi Komunitas Negeri Seni & Budaya Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan 25 DUDI mitra Sekolah Vokasi UGM, Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya Yogyakarta, dan Fakultas Vokasi UNY.

Hadir dalam agenda ini Tim Pakar Mitras DUDI Dr. Ir. Adil Basuki Ahza, M.S., Dr. Ir. Dewi Yanti Liliana, M.Kom., Roosida Taufani, Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat SV UGM, Dr. Wiryanta, M.T. selaku Ketua Pengampu Program Ekosistem dan perwakilan dosen dari ketiga kampus konsorsium DIY.

Pada sambutan pembuka, Ketua Pengampu Program Ekosistem Konsorsium DIY, Dr. Wiryanta, M.T  menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memotret apa yang diperlukan oleh industri melalui pengisian survei dan Diskusi Kelompok Terpumpun Future of Works ini. Hasil survei ini akan digunakan oleh satuan pendidikan vokasi  untuk memenuhi kebutuhan SDM dalam DUDI. “Harapannya antara DUDI dan Satuan Pendidikan Vokasi tidak tercipta gap yang terlalu besar  sehingga lulusan Satuan Pendidikan Vokasi dapat langsung siap kerja dan  berkontribusi optimal  kepada DUDI”, tambahnya. 

Pada sesi pemaparan, Tim Pakar Mitras DUDI, Dr. Ir. Adil Basuki Ahza, M.S. menyampaikan luaran dari kajian Future of Works adalah peta kebutuhan tenaga kerja berdasarkan sektor, peta pekerjaan yang akan mengalami perubahan, dan top skills yang paling dibutuhkan di dunia kerja. 

Sesi dilanjutkan dengan sesi pengisian survey oleh Dr. Ir. Dewi Yanti Liliana, M.Kom. yang dilanjutkan dengan FGD terkait beberapa aspek dalam Future of Works. Dalam Perkembangan teknologi saat ini, landscape pekerjaan mulai berubah, sehingga upskilling dan reskilling menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, kontribusi DUDI sangat besar dalam pengisian survey Future of Works ini”

Disela-sela kegiatan Wakil Dekan Bidang Riset, Kerjasama, Sistem Informasi dan Usaha Fakultas Vokasi UNY, Dr. Tri Hadi Karyono, M.Or menyampaikan diskusi ini menekankan pentingnya kolaborasi antara sektor pendidikan, industri, dan pemerintah daerah untuk mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di masa depan. Diskusi yang bagus dengan strategi-strategi yang dibahas, termasuk pentingnya pelatihan berkelanjutan dan pengembangan soft skills seperti kreativitas, berpikir kritis, dan kemampuan beradaptasi.

“Selain itu, diskusi ini dapat berimplikasi tentang pentingnya pemetaan kebutuhan tenaga kerja yang akurat untuk memastikan bahwa tenaga kerja kita siap menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang yang akan datang. Saya yakin, dengan langkah-langkah yang tepat, DIY bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam mempersiapkan tenaga kerja untuk masa depan yang dinamis dan penuh tantangan“. ujar Tri Hadi. 

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi yang diikuti oleh perwakilan DUDI dari berbagai bidang industri, antara lain komunikasi, pariwisata, textil, dll. Para peserta tampak antusias menyampaikan pandangan dan pengalamannya terkait Future of Works di bidang industri masing-masing. (Tusti)