Tata Busana UNY Mempersembahkan Parade Busana Wastra Nusantara di Ajang Jogja Fashion Week 2022

Program Studi Sarjana Terapan Tata Busana berkolaborasi dengan S1 Pendidikan Tata Busana Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB Universitas Negeri Yogyakarta mempersembahkan parade busana dan talk show dengan nuansa wastra nusantara dalam rangkaian Jogja Fashion Week 2022 di Jogja Expo Center baru baru ini.

Menurut Triyanto, S.Sn., M.A Selaku Koordinator Program Studi D4 Program Sarjana Terapan Tata Busana mengungkapkan Prodi Sarjana Terapan Tata Busana menyambut baik gelaran Jogja Fashion Week. Kegiatan ini merupakan sarana terbaik untuk mewadahi para mahasiswa serta calon-calon desainer muda dalam menghasilkan produk-produk kreatif layak jual serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

“Pada kesempatan ini mahasiswa maupun dosen tidak hanya menciptakan hasil karyanya saja tapi juga memperagakan hasil karya tersebut. Mahasiswa juga menerapkan ilmu modelling yang telah didapatkan di perkuliahan melalui mata kuliah Manajemen Peragaan Busana, Modeling dan Event Organizer, imbuh Triyanto.

Menurut Afif Ghurub Bestari, S.Pd., M.Pd, dosen di PTBB FT UNY mengatakan bahwa, konsep yang diusung oleh mahasiswa di Jogja Fashion Week yaitu Parade Busana Wastra Nusantara. Parade suatu tampilan dari suatu kumpulan yang beriringan dengan menampilkan kurang lebih 80 outfit yang di peragakan oleh model wanita dan pria. Hal ini jelas bahwa yang ditampilkan tidak hanya satu atau dua saja.

“Wastra Nusantara merupakan kain tradisional yang banyak sekali ragamnya mulai dari batik, lurik, tenun, songket, jumputan dll, yang berasal dari berbagai suku dan daerah di Indonesia. Fashion show ini menunjukkan keharmonisan dari berbagai perbedaan yg ada di Indonesia yang ditampilkan dalam suatu rangkaian fashion show, ungkap Afif.

Dalam peragaan busana tersebut, para mahasiswa mengimplementasikan semua ilmu yang didapat melalui tampilan fashion show dengan koreografi, musik, manajemen, yang dilakukan oleh mahasiswa sendiri. (Humas)