Hima FT Peduli Lingkungan : Penanaman Pohon Cemara di Pantai Siung

Hima FT  mengadakan kegiatan Peduli lingkungan berupa penanaman bibit pohon cemara  pada Sabtu (27/11) di sekitar Pantai Siung. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua kelompok sadar wisata (pokdarwis) Pantai Siung, anggota ormawa FT  dan masyarakat sekitar. Menurut Ketua Pokdarwis Pantai Siung, Saido memberikan apresiasi yang positif untuk kegiatan peduli alam ini. “Pantai Siung untuk pohon perindangnya masih jarang. Karena tidak semua tanaman bisa tumbuh alami di area pantai karena  jarang tanaman yang dapat tahan dengan air laut. Kalaupun itu sudah tumbuh tidak jarang malah dimanfaatkan untuk pakan ternak oleh warga sekitar, ungkap Saido.

Tambahnya, pohon yang cocok dengan kondisi alam pantai adalah pohon cemara. Pohon cemara memiliki karakteristik dapat dijadikan perindang  dan memiliki  ketahanan terhadap air laut yang cukup baik sehingga dapat tumbuh secara alami. Dengan pohon perindang ini dapat mengurangi tanah longsor karena minimnya tanaman, imbuh Saido.

Saido dalam akhir sambutannya berharap semoga sejumlah 40 bibit pohon cemara dapat tumbuh dengan subur dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Rencananya bibit pohon cemara ini akan ditanam di bukit pesisir pantai dan di pinggir pantai.

Menurut ketua panitia kegiatan, Nanda Eka Saputra bahwa selain kegiatan penanaman bibit cemara, juga diadakan kegiatan plangisasi di area publik seperti untuk menjaga kebersihan, menjaga  keselamatan diri, dan area bebas pengunjung. Dan pemungkas acara para mahasiswa melakukan bersih pantai memungut sampah  plastik yang di area pantai. (tusti)