HILAL FAHRUL HAMAM, MAPRES UNY PROGRAM DIPLOMA

Hilal Fahrul Hamam, mahasiswa semester IV Program Studi D4 Teknik Elektro Program Sarjana Terapan Universitas Negeri Yogyakarta, telah berhasil menjadi juara pertama dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas pada program diploma.
Hilal, sapaan akrabnya telah berhasil menyisihkan beberapa peserta lain pada tingkat fakultas, Ia menjadi Mahasiswa Berprestasi pada Program Diploma. Kemudian Hilal mewakili Fakultas Teknik untuk bersaing ditingkat Universitas. Seleksi di tingkat universitas, Hilal berhasil lolos sebagai Juara pertama, selanjutnya Ia akan mewakili UNY dalam Pilmapres 2021 tingkat Nasional pada Program Diploma.
Pilmapres adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbud-ristek RI). Sebelum bertanding di jenjang nasional, peserta harus melalui serangkaian tes terleih dahulu, yaitu tes kepribadian, wawancara, produk inovatif, speech (pidato berbahasa inggris), portofolio prestasi, serta capaian unggulan. Tahun ini, serangkaian tes tersebut yang dimulai pada tingkat fakultas dan universitas dilakukan secara daring, mengingat Pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia.
Pada saat serangkaian seleksi, pada sesi Produk Inovatif, Hilal membawakan tema New Normal. Ia beranggapan bahwa hal tersebut adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat saat ini pemerintah sangat gencar melakukan himbauan untuk menerapkan protokol kesehatan dalam menyambut New Normal. Sedangkan pada sesi speech, Hilal membawakan tema Poin ke 7 Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu Energi Bersih dan Terjangkau. Mengingat Energi adalah salah satu konsentrasi mata kuliah yang diminati oleh Hilal.
Di tengah kesibukan kuliahnya saat ini, Hilal aktif mengikuti ajang perlombaan tingkat nasional. Perlombaan tersebut antara lain dalam bidang Teknologi Tepat Guna (TTG), Esai, serta Karya Tulis Ilmiah. Saat ini Hilal juga tengah sibuk mempersiapkan PKM yang sedang berjalan. Selain itu, ia juga aktif dalam organisasi luar maupun dalam kampus, antara lain organisasi yang diikuti oleh Hilal yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FT UNY, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Matriks, serta Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE)  SB UNY.
“Alhamdulillah, saya tidak menyangka, tuhan memberi saya kesempatan yang sangat luar biasa, yaitu dapat mewakili UNY dalam salah satu ajang bergengsi di Indonesia. Saya berharap dengan terpilihnya saya menjadi Mapres Diploma UNY, selain dapat memberikan kontribusi pada Universitas khususnya fakultas saya, saya juga dapat memotivasi teman-teman untuk tetap berkarya dalam kondisi apapun serta terus bersemangat untuk berkarya demi menjunjung tinggi almamater serta bangsa kita tercinta, Bangsa Indonesia.” Ujar Hilal saat diwawancara.(RBD)