PRODI PTI UNY BERINOVASI, PENYELARASAN KURIKULUM BARU SIAP CETAK GENERASI MUDA AHLI DAN BERDAYA SAING

Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI) Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan penyelarasan kurikulum prodi dengan Permenkes No 17 Tahun 2023, Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, dan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 5 Juni 2024, bertempat di Ruang Sidang Gedung Layanan Akademik FV UNY yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia.

Penyelarasan kurikulum ini bertujuan untuk memastikan kurikulum Prodi PTI UNY selalu mutakhir dan sesuai dengan kebutuhan terkini di bidang kesehatan tradisional. Narasumber dalam kegiatan ini adalah dr. Chusnun Hendarto dari Dinas Kesehatan Kulon Progo dan dr. Ahmad Riyanto dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya, Koorprodi Pengobatan Tradisional Indonesia, Prof. Dr. Ali Satia Graha, M.Kes., menyampaikan bahwa Prodi PTI UNY berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing dalam bidang kesehatan tradisional. "Kurikulum yang selaras dengan kebutuhan terbaru ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap bekerja di berbagai bidang kesehatan tradisional, baik sebagai praktisi, peneliti, maupun pendidik," ujarnya.

dr. Chusnun Hendarto dalam paparannya menyampaikan tentang pentingnya peran Prodi PTI dalam pengembangan dan pemanfaatan pengobatan tradisional di Indonesia. "Pengobatan tradisional memiliki potensi besar untuk dikembangkan dan dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Prodi PTI memiliki peran penting dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten di bidang ini," terangnya.

Sementara itu, dr. Ahmad Riyanto menyampaikan tentang peluang kerja bagi lulusan Prodi PTI di DUDI. "Banyak peluang kerja yang terbuka bagi lulusan Prodi PTI di DUDI, seperti di klinik pengobatan tradisional, rumah sakit, BPPOM, dan industri obat tradisional," ungkapnya.

Kegiatan penyelarasan kurikulum ini diharapkan dapat menghasilkan kurikulum Prodi PTI UNY yang lebih berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan terkini di bidang kesehatan tradisional. Hal ini pada akhirnya diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di dunia kerja.