Dorong Magang di Luar Negeri, Fakultas Vokasi Sosialisasi IISMA Edisi Vokasi

Hilwa Suciati Cahya

Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta gelar sosialisasi fakultas program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) edisi Vokasi pada hari Rabu (17/1/2024) melalui daring via zoom meeting. Kegiatan diikuti oleh dekanat, koorprodi dan mahasiswa Fakultas Vokasi.

Wakil Dekan Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Sutopo, M.T dalam sambutannya menyampaikan kepada mahasiswa untuk tidak melewatkan program ini. Program IISMA edisi Vokasi ini akan menambah wawasan bagi mahasiswa dalam pergaulan internasional. Rekan dari berbagai penjuru dunia akan memberi wawasan baru yang akan menambah portofolio sebagai modal menghadapi dunia kerja. Selain itu juga akan memberikan pengalaman berpikir secara analitis dalam menghadapi pembelajaran/perkuliahan di luar negeri.

"Mahasiswa juga berkesempatan berkolaborasi tidak hanya dengan institusi pendidikan tapi juga dengan dunia industri. Mahasiswa akan memiliki pengalaman untuk beraktivitas di dunia industri yang dekat dengan bidang ilmu yang ditekuni, " tambah Sutopo.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kantor International, Prof. Dr. Anita Triastuti, M.A., Ph.D menyampaikan bahwa IISMA edisi Vokasi ini ditujukan untuk mahasiswa aktif yang akan mengikuti perkuliahan selama satu semester (4-6 bulan) di universitas terkemuka dunia dan diberikan kesempatan untuk melaksanakan internship atau magang di industri luar negeri.

IISMA memiliki jaringan perguruan tinggi ternama diseluruh dunia baik dari Eropa, Asia maupun Australia. Dan setiap tahun IISMA selalu memberikan tambahan kuota bagi para pendaftar IISMA sarjana ataupun vokasi.

"Untuk bidang studi IISMA Vokasi yang dapat ditawarkan mulai dari Rekayasa seperti Informasi Teknologi, Ilmu Komputer, Manajemen Air, Kelautan dan Maritim. Lalu ada bidang Bisnis seperti Industri Perhotelan dan Pariwisata, Industri Kreatif, Bisnis dan Manajemen. Serta Ilmu Kesehatan seperti Keperawatan. Perawatan Lansia dan Ilmu sosial seperti Akuntansi, Humas, dan Keterlibatan Masyarakat " tambah Anita.

Pada sesi sharing session dihadirkan awardee IISMA edisi Vokasi tahun 2023, Hilwa Suciati Cahya, Mahasiswa Sarjana Terapan Prodi Manajemen Pemasaran 2021. Hilwa Suciati Cahya memaparkan tentang pengalaman dan kiat pada saat mendaftar IISMA edisi Vokasi tahun 2023. Hilwa yang mendapat kesempatan untuk menempuh perkuliahan di Saxion University of Applied Sciences menjelaskan perjuangan untuk dapat lolos seleksi IISMA edisi Vokasi. "Saya mendaftar IISMA Edisi Vokasi ini sudah dua kali. Tahun pertama saya gagal. Dan di tahun kedua saya mencoba lagi. Alhamdulilah berhasil. Belajar dari kegagalan saya ditahun pertama saya lebih mempersiapkan diri baik dikemampuan bahasa inggris, menulis esai dan persiapan tes wawancara. "jelas Hilwa.

Dalam pemilihan host university juga menjadi modal dalam dalam lolos seleksi IISMA edisi Vokasi. Tentang pilihannya di Saxion University Of Applied Sciences salah satunya karena memang kategori university applied sciences lebih mirip dengan politeknik yang lebih cenderung banyak praktik daripada teori keilmuannya. "Karena saya memang kuliah di vokasi yang lebih cenderung ke praktik langsung, dan saya juga lebih menyukai praktek dan terjun langsung ke dunia industri",imbuh Hilwa.

Dalam paparannya Hilwa juga menjelaskan tentang kiat dalam memilih host university, tes Bahasa inggris yang akan digunakan, cara menulis esai, dan persiapan tes wawancara. Sesi sharing session ini diakhiri dengan tanya jawab dan diskusi.