SIAP HADAPI K3 ERA INDUSTRI 4.0: PRODI PTI UNY GELAR VISITING PROFESSOR DARI UNIVERSITI MALAYSIA TERENGGANU

visiting

Prodi Pengobatan Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sukses menyelenggarakan kegiatan Visiting Professor dengan tema “Memperkuat Kompetensi Mahasiswa Vokasi dalam Menghadapi Tantangan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Era Industri 4.0”. Kegiatan ini menghadirkan Assoc. Prof. Kamal Bin Talib, Ph.D. dari Pusat Sukan dan Rekreasi Universiti Malaysia Terengganu sebagai narasumber, dan berlangsung dari tanggal 13-16 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa Prodi Pengobatan Tradisional UNY dalam menghadapi tantangan K3 di era Industri 4.0. Assoc. Prof. Kamal Bin Talib, Ph.D. dalam materinya menyampaikan tentang pentingnya K3 di era Industri 4.0, serta berbagai strategi untuk menghadapi tantangan K3 di era tersebut.

Di samping itu, pada tanggal 16 Mei 2024, dilakukan penandatanganan Implementation Arrangement (IA) antara Dekan Fakultas Vokasi UNY, Prof. Dr. Komarudin, M.A. dengan Prodi Keselamatan Air, Pusat Sukan dan Rekreasi, Universiti Malaysia Terengganu, Malaysia yang diwakili oleh Assoc. Prof. Kamal Bin Talib, Ph.D. Penandatanganan IA ini menandai dimulainya kerjasama antara kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian K3.

“Kegiatan Visiting Professor ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa Prodi Pengobatan Tradisional UNY untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam bidang K3, khususnya di era Industri 4.0,” ujar Prof. Dr. Komarudin, M.A., Dekan Fakultas Vokasi UNY. “Kerjasama dengan Universiti Malaysia Terengganu ini juga diharapkan dapat memperkuat hubungan kedua institusi dalam bidang pendidikan dan penelitian K3.”

Kerjasama ini tidak hanya terbatas pada Prodi Pengobatan Tradisional, tetapi juga diharapkan dapat membuka peluang kerjasama di prodi lain di Fakultas Vokasi UNY. “Kerjasama ini dapat meliputi pertukaran mahasiswa, dosen, dan penelitian di berbagai bidang,” ujar Prof. Komarudin.

Assoc. Prof. Kamal Bin Talib, Ph.D. dari Universiti Malaysia Terengganu juga menyambut baik peluang kerjasama di prodi lain. “Kami terbuka untuk menjalin kerjasama dengan prodi lain di Fakultas Vokasi UNY,” ujarnya. “Kerjasama ini dapat saling menguntungkan kedua institusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.”

Kerjasama antara UNY dan Universiti Malaysia Terengganu ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kerjasama antar institusi pendidikan di Indonesia dan Malaysia. Kerjasama ini dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua negara, dan juga dapat memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia.

Dengan kerjasama yang erat di bidang pendidikan dan penelitian, diharapkan UNY dan Universiti Malaysia Terengganu dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap menghadapi tantangan global, termasuk tantangan K3 di era Industri 4.0.