BEM Fakultas Vokasi UNY Gelar Komposisi

BEM Fakultas Vokasi UNY menyelenggarakan Komposisi (Kompetisi Olahraga dan Seni Vokasi) pada hari Minggu (10/12) di Stadion dan Gedung Olahraga Fakultas Vokasi Kulon Progo. Komposisi merupakan kegiatan lomba olahraga dan seni yang diselenggarakan  dalam rangka menyambut Dies Natalis Fakultas Vokasi yang ke-1. Komposisi UNY 2023 menyajikan pertandingan sengit dan tampilan seni yang menawan dari mahasiswa Fakultas Vokasi. Ketua Penyelenggara Komposisi 2023 Gustaf Syaafri Masrulloh, menjelaskan bahwa kegiatan ini dirancang untuk menyalurkan minat dan bakat mahasiswa FV UNY dalam bidang olahraga dan seni. Selain itu, Komposisi bertujuan memperkuat tali persaudaraan dan menciptakan keakraban antar-mahasiswa dari setiap departemen di Fakultas Vokasi. 

"Padatnya jadwal perkuliahan, beban tugas, dan banyaknya praktikum seringkali membuat mahasiswa merasa jenuh dan stres. Oleh karena itu, Komposisi ini menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menghilangkan kejenuhan terhadap jadwal perkuliahan. Kami berharap kegiatan ini juga dapat menjadi wadah untuk menemukan bibit unggul, termasuk mencari bibit atlet di Fakultas Vokasi," ungkap Gustaf. 

Dalam sambutannya Dekan Fakultas Vokasi Prof. Dr. Komarudin, S.Pd., M.A., menyampaikan harapannya agar kegiatan semacam Komposisi dapat terus berkembang di masa depan. Beliau mengharapkan penambahan cabang olahraga, seperti futsal dan bulutangkis, guna melibatkan lebih banyak mahasiswa dalam kegiatan ini. 

"Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis Fakultas Vokasi ke- 1, Komposisi UNY 2023 tidak hanya memberikan hiburan dan ajang kompetisi, tetapi juga menjadi platform untuk pengembangan diri mahasiswa di bidang olahraga dan seni. Dengan semangat kompetitif dan kebersamaan yang dijunjung tinggi, diharapkan kegiatan ini akan menjadi tradisi yang tetap terjaga di kalangan mahasiswa Fakultas Vokasi UNY ", lanjut Komarudin. 

Dalam gelaran Komposisi FV UNY 2023, dipertandingkan dua cabang olahraga Bola voli dan basket dengan peserta dari perwakilan enam departemen di Fakultas Vokasi. Juara pertandingan bola voli, juara I diraih oleh  Tim Tro-NICA dari Departemen Teknik Elektro dan Elektronika. Sedangkan untuk  juara II  dan III diraih Healthy Hallo Support dari Departemen Olahraga dan Kesehatan dan  Mechanical Voli Club dari Departemen Teknik Otomotif dan Mesin.  

Sementara dalam pertandingan basket, Departemen Teknik Otomotif dan Mesin meraih juara I. Selanjutnya, juara II diraih oleh  Departemen Teknik Elektro dan Elektronika dan juara III diraih Tim Pandawa, Departemen Bisnis dan Keuangan . 

Menurut Bagas Rhenandya, peserta tim basket departemen Teknik Otomotif dan Mesin, mengungkapkan kegiatan Komposisi ini dapat sebagai wadah bagi mahasiswa untuk mengeksplorasi bakat dan potensi. " Keberhasilan kami dalam menjadi juara merupakan hasil dari kerjasama dan semangat sportivitas untuk menghasilkan prestasi di luar ekspektasi kita, ungkap Bagas. (rom/Tha)