Kunjungan Dr. Donna James dari Western Sydney University: Memperkuat Kerja Sama Internasional dalam Ilmu Pariwisata dan Olahraga di UNY

Fakultas Vokasi (FV) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) baru-baru ini menyambut kunjungan dari Dr. Donna James, Dosen Warisan Budaya dan Pariwisata dari School of Social Sciences Western Sydney University, Australia. Kunjungan ini berlangsung pada tanggal 20 dan 22 Mei 2024 dan merupakan bagian dari kegiatan visiting professor dan join research seputar ilmu kepariwisataan, khususnya yang berkaitan dengan ruang lingkup pariwisata dalam olahraga.

Dr. James adalah dosen dan peneliti di bidang pariwisata, perhotelan dan acara. Dia mengajar berbagai topik terkait ilmu kepariwisataan dan memiliki minat yang kuat dalam mengeksplorasi potensi pariwisata yang ada di dunia.

Dalam sambutannya, Dekan FV UNY, Prof. Dr. Komarudin, MA. menyatakan rasa senangnya atas kehadiran Dr. James. Menurutnya, program ini menjadi langkah penting dalam memperluas kerja sama internasional antara FV dan UNY, serta membuka peluang pertukaran pengetahuan dan ilmu, terutama dalam bidang ilmu pariwisata. "Kami menyambut baik kehadiran Dr. Donna James. Program ini tidak hanya akan memberikan manfaat bagi kedua institusi, tetapi juga bagi pengembangan studi pariwisata di Indonesia dan Australia," ujar Komarudin.

Rangkaian kegiatan diawali dengan diskusi panel antara Koorprodi Pengelolaan Usaha Rekreasi Dr. Nurhadi Santoso, M.Pd dengan Dr. James terkait isu “Subtansi dan ruang lingkup wisata olahraga”. Diskusi ini menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa pariwisata yang berkaitan dengan bidang olahraga sangat menjanjikan apabila dikelola dengan baik. Salah satu contohnya adalah event kegiatan lari yang dilaksanakan pada sebuah objek wisata tertentu seperti Borobudur Run. Jadi, Prodi PUR dapat mengoptimalkan kurikulum yang ada untuk mencetak mahasiswa yang mampu mengoptimalkan potensi wisata yang berkaitan dengan dunia olahraga.

Kunjungan Dr. James ini dinilai dapat menjadi awal dari kerjasama yang lebih luas antara FV UNY dan Western Sydney University, Australia, serta membuka peluang untuk riset bersama di masa mendatang. Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendukung visi internasionalisasi pendidikan tinggi di UNY, khususnya dalam bidang ilmu pariwisata dan olahraga dengan pendekatan pendidikan vokasi.( Arie Tha)