LEBIH DEKAT DENGAN PRODUKSI OBAT HERBAL: KUNJUNGAN INDUSTRI PTI UNY KE PT SIDO MUNCUL

Dalam rangka memperkuat pemahaman dan wawasan mahasiswa tentang produksi obat-obatan dari bahan herbal, Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI) Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta mengadakan kunjungan industri ke PT Sido Muncul pada hari Selasa, 11 Juni 2024. Kunjungan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa di Prodi PTI UNY yang didampingi oleh tim dosen pengampu mata kuliah. Acara berlangsung dari pagi hingga siang hari, diawali dengan sambutan dari perwakilan Prodi PTI UNY dan PT Sido Muncul.

Kegiatan dimulai dengan pemaparan dari tim humas PT Sido Muncul tentang sejarah berdirinya PT Sido Muncul secara detail dan rinci. Selanjutnya, mahasiswa diajak berkeliling pabrik untuk melihat secara langsung proses produksi obat-obatan herbal, mulai dari pemilihan dan standar penyimpanan bahan baku, pengolahan, pengemasan, hingga distribusi. Selama kegiatan kunjungan disetiap lini proses, tim humas menjelaskan setiap tahapan dan lokasi yang dikunjungi sehingga mahasiswa mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana obat-obatan herbal Sido Muncul dibuat.

Selain proses produksi yang dilalui dalam pembuatan obat, mahasiswa juga mendapatkan materi tentang pengembangan produk yang akan dihasilkan oleh PT Sido Muncul. Bahan baku yang telah digunakan dalam semua produk kurang lebih 160 jenis bahan baku tanaman obat herbal dan telah menghasilkan 320 varian produk yang telah beredar di Tengah Masyarakat.

Setelah puas menjelajahi pabrik, para mahasiswa diajak untuk berkeliling dan mengunjungi mini zoo dan kebun tanaman herbal yang dimiliki oleh PT Sido Muncul Tbk. Di mini zoo, mahasiswa dapat melihat berbagai hewan yang dipelihara seperti harimau, kuda, burung, buaya dan lain-lain, sedangkan di kebun tanaman herbal, mahasiswa dapat melihat berbagai jenis tanaman obat yang digunakan untuk bahan baku pembuatan obat-obatan Sido Muncul.

Kunjungan industri diakhiri dengan berkumpul di aula untuk melakukan sesi diskusi dan tanya jawab seputar produksi obat-obatan herbal di PT Sido Muncul. Antusiasme mahasiswa terlihat jelas saat mereka mengajukan berbagai pertanyaan tentang berbagai hal, mulai dari proses penanaman dan pemilihan bahan baku yang unggul, produksi, pengemasan, distribusi, dan pengolahan limbah produksi menjadi limbah yang aman untuk dibuang. Selama sesi diskusi dan tanya jawab tim PT Sido Muncul dengan sabar dan profesional menjelaskan setiap pertanyaan secara runtut dan terperinci, sehingga mahasiswa mendapatkan informasi yang lengkap dan bermanfaat.

Kunjungan industri ke PT Sido Muncul memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI) Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswa mendapatkan pemahaman, wawasan, dan pengalaman yang mendalam tentang proses produksi obat-obatan herbal yang baik, berkualitas dan sesuai standar keamanan untuk dikonsumsi. Pengetahuan ini sangat penting bagi mereka, karena nantinya mereka akan terjun langsung ke dunia kerja di bidang ini.

Secara keseluruhan, kunjungan industri ke PT Sido Muncul Tbk diharapkan dapat menumbuhkan minat mahasiswa PTI UNY untuk menjadi wirausahawan di bidang obat-obatan herbal. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan, diharapkan mereka dapat berkontribusi dalam pengembangan industri obat-obatan herbal di Indonesia.