Festival Makanan Bhojana Boga Raih Rekor MURI Tradisi Sambelan di Gunungkidul

Prodi Sarjana Terapan Tata Boga Fakultas Vokasi berhasil memecahkan Rekor MURI untuk mengulek sambal terbanyak dalam tradisi sambelan sebagai salah budaya di Gunungkidul dengan peserta sebanyak  635 orang. Kegiatan ini merupakan rangkaian acara dalam  Festival Makanan bertajuk Bhojana Boga yang diselenggarakan pada Selasa (28/5/2024) di area halaman Fakultas Vokasi Kampus Gunungkidul. Festival Makanan ini merupakan bagian dari tugas mata kuliah Food Festival bagi mahasiswa Sarjana Terapan Tata Boga Angkatan 2021.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan Fakultas Vokasi, Prof. Dr. Komarudin, S.Pd., M.A  menyampaikan apresiasi yang tinggi bagi mahasiswa Sarjana Terapan Tata Boga yang telah berhasil menggelar acara yang memiliki daya tarik masyarakat. Hal ini sebagai salah satu media untuk memperkenalkan Fakultas Vokasi sebagai fakultas baru yang belum genap berusia 2 tahun.

"Fakultas Vokasi sebagai pencetak lulusan yang berkompeten dan siap terjun ke dunia industri berkomitmen untuk terus berakselerasi meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas pembelajaran. Melalui kegiatan ini Sarjana Terapan Tata Boga sebagai pencetak tenaga profesional dalam dunia industri didorong untuk terus berinovasi dalam hal pengolahan bahan pangan lokal yang dapat diimplementasikan bagi warga sekitar guna menambah nilai ekonomi bahan pangan local.” ujar Komarudin.

Menurut ketua Panitia, Dr. Minta Harsana, M.Sc. disela sela kegiatan menyampaikan bahwa dalam kegiatan festival makanan ini juga digelar pemecahan rekor MURI untuk lomba mengulek sambal dengan jumlah peserta 635 peserta. “Setiap kelompok terdiri dari 5 peserta dan pada saat lomba akan diberikan waktu untuk mengulek sambal selama 50 detik dengan alokasi waktu tiap peserta 10 detik bergantian. Selama proses mengulek sambal peserta tidak diperkenankan untuk mencicipi sambal buatannya. Rasa sambal menjadi salah satu tolak ukur dalam penjurian pemenang lomba mengulek sambal”, tambah Minta.

Setelah kegiatan prosesi pemecahan Rekor MURI, para peserta dapat mengunjungi stan Festival Makanan Bhojana Boga 2024. Para pengunjung akan diberikan tiket masuk dan diperkenankan untuk mencicipi 5 macam makanan hasil karya mahasiswa. Para pengunjung akan dimintai penilaian terhadap makanan tersebut dari segi rasa dan tekstur. Dalam Festival Makanan ini mahasiswa membuat produk inovasi dari bahan-bahan subtitusi seperti umbi-umbian, serelia, biji-bijian, kacang-kacangan dan ikan. Terdapat 153 produk inovasi makanan dalam Festival Makanan Bhojana Boga. (Tusti)