Tingkatkan Sinergi Pendidikan, Departemen Elektro dan Elektronika Studi Banding Ke ITS

Departemen Teknik Elektro dan Elektronika Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta melakukan studi banding ke Institut Teknologi Sepuluh November pada jumat, (27/10). Dalam sambutannya, Ketua Prodi Sarjana Terapan Teknik Elektronika, Dr. Aris Nasuha, M.T. menyampaikan bahwa studi banding ini merupakan salah satu langkah penting dalam upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan metode belajar mengajar.

“Kegiatan ini untuk memahami lebih dalam tentang metode dan praktik belajar mengajar yang diadopsi oleh ITS, khususnya di Fakultas Vokasi, Departemen Teknik Instrumentasi. Sebagai wujud kolaborasi antara dua institusi pendidikan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu pengetahuan di bidang elektro dan elektronika, “ imbuh Aris.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Vokasi ITS, Prof Ir Muhammad Sigit Darmawan MEngSc PhD menyambut baik kegiatan studi banding ini. Kunjungan ini sebagai langkah awal dalam upaya saling berbagi pengetahuan dan pengalaman antara UNY FV Departemen Teknik Elektro dan Elektronika dan ITS Fakultas Vokasi Departemen Teknik Instrumentasi. “Diharapkan bahwa kerja sama ini akan membuka peluang bagi kedua institusi untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkaya pengalaman belajar bagi para mahasiswa di bidang elektro dan elektronika. “ imbuh Muhammad Sigit. Dalam sambutan tersebut juga disampaikan tentang Sejarah fakultas, struktur akademisi, capaian serta prestasi lulusan.

Pada Kegiatan studi banding ini juga dilakukan kunjungan langsung ke ruangan departemen Teknik Instrumentasi dan laboratorium. Dalam kesempatan tersebut para rombongan studi banding mendapatkan arahan langsung dari Ketua Departemen Teknik Instrumentasi ITS, Dr. Ir. Totok Soehartanto, DEA, tentang sistem kurikulum dan metode belajar mengajar yang diterapkan di departemen Teknik Instrumentasi FV ITS. “Semoga Momentum studi banding ini memberikan harapan untuk lebih memperdalam kemitraan yang positif antara UNY dan ITS, yang pada gilirannya akan memberikan manfaat jangka panjang bagi pengembangan sumber daya manusia dan kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia.

Dipenghujung kegiatan ini, dilakukan kunjungan ke berbagai laboratorium di Departemen Teknik Instrumentasi ITS. Rombongan dapat melihat secara langsung proses belajar mengajar. Dan juga memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan staf akademik dan mahasiswa.

Studi banding ini diikuti oleh ketua departemen, koordinator prodi, para dosen, laboran dan admin prodi. Pada kegiatan ini juga dilakukan prosesi tukar cinderamata dan sesi foto bersama. (rom/Tha)