Kuliah Bersama Praktisi : Tanaman Herbal Menciptakan Imun Kebal

Praktisi-PTI-2023

Prodi Pengobatan Tradisional Indonesia (PTI) mengundang ahli dalam bidang terapi Herbal dari Jamu “Mitra Sehat”, Sutrisno pada (25/5/2023) pada kegiatan kuliah bersama praktisi industri di Ruang Sidang Utama Gedung Layanan Akademik Fakultas Vokasi. Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah Farmakologi Herbal. Pada kesempatan ini Sutrisno menyampaikan wawasan dan pengetahuan kepada para dosen dan mahasiswa prodi Sarjana Terapan PTI tentang khasiat tanaman herbal yang dapat meningkatkan dan memelihara kekebalan tubuh.

Sutrisno menyampaikan tentang berbagai bahan herbal yang telah terbukti meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit, contohnya Jahe, Kunyit, Temulawak, daun Gambir, Sirih, Minyak Kelapa Murni, Kakao, Secang, dan Minyak Eukaliptus..

"Tanaman herbal memiliki kekuatan alami yang dapat mendukung dan memelihara kekebalan tubuh kita. Beberapa tanaman ini kaya akan senyawa bioaktif yang dapat meningkatkan respons kekebalan dan membantu melawan penyakit. Secang, kakao, dan jahe, dan dapat diintegrasikan ke dalam gaya hidup sehari-hari.," imbuh Sutrisno.

Menurut Ketua Prodi Sarjana Terapan PTI, Dr. Ali Satia Graha, M.Kes. menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada para mahasiswa untuk potensi tanaman herbal sebagai pilihan alami untuk meningkatkan kesehatan dan kekebalan tubuh

“Dalam kesempatan ini para mahasiswa juga mendapatkan pengalaman langsung untuk melihat dan mempraktekkan tentang bagaimana mengolah tanaman herbal sebagai bahan untuk kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh.” Ungkap Ali.

Harap Ali, kegiatan ini akan akan merangsang minat lebih lanjut dan optimalisasi pemanfaatan tanaman herbal sebagai pendekatan holistik untuk kesehatan. Dengan semakin berkembangnya kesadaran akan pentingnya gaya hidup sehat, kegiatan ini menjadi langkah positif dalam memperkenalkan peserta pada potensi tanaman herbal untuk mendukung kekebalan tubuh secara alami.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab Mahasiswa PTI, Erma Febrianti, menyampaikan antusiasnya mendapatkan pengalaman, pengetahuan dan wawasan baru tentang kekuatan tanaman herbal dan bagaimana kita dapat mengambil manfaat dari kearifan alam untuk menjaga kesehatan kita, (Titis/Tha)