Ikuti Lomba Bussines Plan Competition Frisian Flag, Mahasiswa Manajemen Pemasaran gelar Seminar dan Lomba Memasak

Adam Yordan Al Maliky dan Adinda Tika Listya, mahasiswa prodi sarjana terapan Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi UNY ikuti lomba bussines competition Frisian Flag Indonesia : Dairy Innovation Lab 2023. Menurut Adam Yordan Al Maliky, “Bahwa kita telah berhasil menembus 50 besar dan diharuskan mengimplematasikan strategi pemasaran dan komunikasi yang telah kita tuangkan dalam proposal dalam bentuk kegiatan nyata. Kegiatan ini kami wujudkan dalam seminar dan lomba memasak menggunakan susu Frisian Flag,”tandas Adam. Kegiatan Seminar dan lomba memasak dilaksanakan pada (31/10) di Ruang Sidang Utama FV UNY dan Laboratorium boga FV.

Kegiatan seminar berkolaborasi dengan HIMA Bisnis Keuangan dengan ini mengusung tema “Jadilah Mahasiswa Berenergi, Intelektual Muda, Berjiwa Edupreneurship dan Berkontribusi di Era Society 5.0”. Kegiatan seminar ini diikuti oleh 100 Mahasiswa Manajemen Pemasaran Fakultas Vokasi Universitas Negeri Yogyakarta.

Dalam sambutannya ketua dari HIMA Departemen Bisnis Keuangan, Kefas Rony Satrio menyampaikan ungkapan terimakasih atas dukungan dan pattispasi para mahasiswa manajemen pemasaran dalam kegiatan seminar ini. “Kegiatan pada hari ini akan dibagi menjadi tiga sesi, yaitu sesi yang pertama seminar Kesehatan, sesi yang kedua seminar pemasaran, dan sesi yang ketiga seminar edupreneurship. Disini saya berharap kepada teman-teman agar dapat mengikuti acara hari ini sampai selesai”, ungkap Kefas.

Dalam acara seminar kesehatan pemateri, Adinda Tika Listya menyampaikan tentang menjelaskan mengenai proses pembuatan susu UHT (Ultra High Temperature) dari awal sampai akhir, dimana susu sapi yang sudah diperah akan dipanaskan dengan suhu 135-154 derajat Celcius selama 1-8 detik. Lalu setelah dipanaskan, susu tersebut akan di dinginkan lagi selama 108 detik juga di temperature 18 derajat celcius. Setelah mengalami proses pemanasan dan pendinginan maka akan dilakukan fortifikasi. Fortifikasi ini gunanya untuk menambahkan nutrisi pada susu. Kemudian dilakukan uji sampel sebelum beredar di pasaran. Untuk memastikan keamanan produk sebelum beredar dipasaran.

“Dengan rutin meminum susu UHT ini, akan banyak manfaat bagi tubuh dan Kesehatan. Dikarenakan susu UHT ini dapat melawan obesitas, dapat meningkatkan kualitas tidur, juga dapat mencegah osteoporosis, ungkap Adinda.

Pada saat bersamaan di Laboratorium Pastry sedang digelar kegiatan Lokakarya memasak memasak dessert dengan bahan dasar susu UHT Frisian Flag oleh mahasiswa Tata Boga. Peserta lomba dibagi menjadi enam kelompok. Juri lomba memasak lomba yakni dosen tata boga, Erza Chica’al Sandya,M.Pd dan Ngabdul Munif, M.Pd.

Pemenang juara I dari lomba memasak dessert tersebut adalah dengan nama dessert Paris Beast yang beranggotakan Savira Najwa, Amanda Trihapsari, Taufiq Nur H, dan Aisha Rahmadani. Sedangkan juara II diraih dengan nama dessert Dreamland Chocoregal yang beranggotakan Aqila Nadia Luqmana, Tsania Damasuri Putri, Mevazahra Adyun, serta Assifa Sakinata Wijaya, dan juara III diraih dengan dessert Mille Feuille yang beranggotakan Sofiya, Nandana, Fakih, serta Charisma.(Kartika/tha)