Mahasiswa Fakultas Vokasi Rintis Kawasan Ekonomi Kreatif berbasis Sociopreunership di Desa Gayamharjo

UMKF Penelitian KRISTAL FV UNY bersama para warga yang ada di Desa Gayamharjo menggelar pembukaan acara Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) 2023 yang mengusung judul “Panca Gama Estungkara: Rintisan Kawasan Ekonomi Kreatif Berbasis Sociopreneurship di Desa Gayamharjo”. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Gayamharjo yang beralamat di Jali, Gayamharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta baru baru ini. Rencananya Program P2MD ini akan dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan di desa Gayamharjo.

Program Pemberdayaan Masyarakat Desa (P2MD) merupakan salah satu program dari Kemendikbud khususnya Direktorat Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi (Dikti Vokasi) yang bertujuan untuk mewadahi para Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di perguruan tinggi terkhusus jurusan vokasi untuk bisa menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera. P2MD ini dilaksanakan selama tiga sampai lima bulan tergantung dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Dikti Vokasi.

Sambutan pembukaan yang disampaikan Dr. Ir. Sutopo, S.Pd., M.T., selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Kemahasiswaan dan Alumni, bahwasanya P2MD ini merupakan program unggulan dari Dikti Vokasi yang mana nantinya para mahasiswa yang mengikuti program ini diajarkan untuk mengenal dan sekaligus mengimplementasikan ilmu kepada kondisi masyarakat kita yang sekiranya bisa dibantu. “Anak-anak kita itu seringkali kalau sudah lulus itu nanti pastinya lari ke perusahaan-perusahaan besar atau perusahaan nasional, jarang sekali ada yang turun ke kampung. Padahal kampung-kampung kita ini yang perlu dibangun. Diversifikasi pangan lokal saat ini juga merupakan suatu hal yang perlu digenjot karena hal tersebut yang merupakan keunikan daerah, jadi nantinya dengan program ini desa juga dapat memanfaatkan untuk menggali lagi hal tersebut dan dapat menemukan scientific knowledge dari produk-produk unggulan desa” ujar Sutopo.

Parwoko, S.T. selaku Lurah Gayamharjo menyambut baik kegiatan P2MD yang akan dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan di Desa Gayamharja.”Saya sangat senang ketika ada mahasiswa yang dapat ikut bersama-sama dalam menggali potensi desa yang ada. Selain itu, dengan adanya P2MD ini juga merupakan invenstasi desa untuk menjadikan manifestasi desapreneur kelak, imbuh Parwoko.

Kegiatan P2MD Gayamharjo ini diikuti oleh satu tim yang terdiri dari 10 orang dari Fakultas Vokasi dengan program studi yang berbeda-beda adapun anggotanya yaitu Regina Amanda Famaretha (D4 - Akuntansi), Wiwin Indayanti (D4 – Manajemen Pemasaran), Nisa Farina Herningsih (D4 – Akuntansi), Yessi Edillia Putri (D4 – Akuntansi), Asya Nur Agustina (D4 – Administrasi Perkantoran), Elsanti Venesha Putri (D4 – Administrasi Perkantoran), Yogi Firmansyah (D4 – Manajemen Pemasaran), Felita Dwi Rahmawati (D4 – Teknik Tata Boga), Adrianto Steven Bagas Setiawan (D4 – Teknik Tata Boga), Anggin Prihanti (D4 – Teknik Tata Boga). (Regina/THA)