MENINGKATKAN CITRA POSITIF INSTITUSI DENGAN PELAYANAN PRIMA

Sebagai sebuah institusi pendidikan UNY memiliki sebuah komitmen dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder baik internal maupun eksternal. Pelayanan yang baik akan meningkatkan citra positif terhadap institusi. Institusi yang memiliki citra yang baik dimata masyarakat akan meningkatkan kepercayaan masyarakat, memberdayakan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Hal tersebut disampaikan oleh Isroah, M.Si., Sekretaris Bidang I UNY Kampus Wates pada sesi pertama dalam acara Pelatihan Pelayanan Prima pada (18—19/8/2015) di Kopeng, Salatiga.

Lanjut Isroah, dalam memberikan sebuah pelayanan harus memperhatikan hal-hal yang dapat membangun citra positif  yakni pelayanan yang sangat baik atau terbaik sesuai dengan standar yang berlaku di institusi. Proses dalam memberikan pelayanan pada dasarnya merupakan kegiatan yang ditawarkan oleh sebuah institusi kepada konsumen yang bersifat tidak berwujud. “Dengan kita memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen akan menaikkan kepuasan konsumen terhadap UNY.”

“Kita masing- masing mempunyai konsumen karena kita adalah pemberi layanan bagi pihak lain. Tapi, kita masing-masing juga menjadi konsumen yang memerlukan layanan dari pihak lain. Pemahaman posisi dan kesadaran diri akan dapat meningkatkan kinerja layanan,” lanjut Isroah.

Dalam membangun citra positif diri dengan selalu memperhatikan kesan awal dengan melakukan kontak mata pada saat bicara, tersenyum pada saat yang tepat, selalu tampilkan wajah gembira, dan bersikap ramah. Selain itu juga berbicara dengan lafal yang jelas dan pilihan kata yang mudah dipahami.

Pada sambutan pembukaan yang disampaikan oleh Ketua Pengelola UNY Kampus Wates, Bambang Saptono, M.Si. bahwa kegiatan pelatihan ini selain untuk mempererat dan mengakrabkan antar  karyawan juga untuk meningkatkan wawasan, kepribadian dan etika kerja agar para karyawan mampu  melaksanakan tugas sesuai dengan perannya. “Acara ini juga memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyampaikan saran dan kritik kepada kami sebagai pengelola sehingga dapat menjadi masukan untuk pengembangan UNY Kampus Wates lebih baik lagi,“ imbuh Bambang.

Pada sesi selanjutnya acara diisi dengan permainan untuk meningkatkan kekompakan para karyawan. Sesi ini dipandu oleh Sekretaris bidang II, Dapan, M.Kes. Para peserta dibagi dua kelompok dan saling berpasangan. Para peserta akan mendapatkan ‘lintingan’ kertas yang harus dikerjakan oleh pasangan tersebut. Semisal Alfa yang berkesempatan mengambil ‘lintingan’ tersebut mendapatkan tugas untuk mengeluh. “ Hanya satu kata yang  yang bisa saya ucapkan jaraknya jauh, ”ungkap Alfa yang menglaju dari Sleman ke UNY Kampus Wates. Acara ini berlangsung meriah dengan pembagian doorprize. Pada hari kedua acara dilanjutkan dengan outdoor activity dengan mengelilingi kawasan wisata Kopeng.