Sinergi Fakultas Vokasi UNY dalam Program Ekosistem Kemitraan

Fakultas Vokasi UNY ikut berpartisipasi dalam peluncuran pelaksanaan Ekosistem Kemitraan antara Pendidikan Vokasi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan Pemerintah Daerah Yogyakarta yang diselenggarakan baru baru ini di Sekolah Vokasi UGM. Kegiatan ini merupakan kolaborasi dengan Sekolah Vokasi UGM dan Akademi Komunitas Negeri Seni Budaya (AKNSB). Ketiga PTV tersebut merukan tim konsorsium Ekosistem kemitraan untuk Daerah Yogyakarta.

Kegiatan ini menampilkan narasumber yang menilik berbagai topik pemasalahan didaerah, trend, dan daya dukungnya. Melalui diskusi interaktif dengan beberapa narasumber antara lain Robby Kusumaharta (Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Keanggotaan KADIN DIY), Aria Nugrahadi, S.T., M.Eng. (Kepala Disnaker DIY), dan Dr. Didik Wardaya, S.E., M.Pd. (Kepala Disdikpora DIY).

Program Penguatan Ekosistem Kemitraan untuk Pengembangan Inovasi Berbasis Potensi Daerah merupakan program riset yang diselenggarakan oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbud Ristek melalui pendanaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program ini mengacu pada grand design riset pengembangan daerah melalui potensi dan keunggulan daerah serta agenda prioritas pembangunan daerah yang dilaksanakan dalam kurun waktu 3 tahun.

Program ini bertujuan untuk mensinergikan kemitraan dan penyelarasan antar Pendidikan vokasi dan pemangku kepentingan daerah untuk menghasilkan policy brief yang berisi workforce planning dan innovation planning. Hal ini untuk memberi gambaran tentang klaster inovasi berbasis potensi atau kebutuhan daerah dan untuk menghasilkan inovasi baik dalam bentuk model/sistem/produk/desain yang dibutuhkan bagi pengembangan sector prioritas daerah.

Menurut, Dr. Tri Hadi Karyono, M.Or, selaku tim periset dari Fakultas Vokasi bahwa program ini merupakan bagian dari ikut serta Fakultas Vokasi dalam bersinergi dan berkolaborasi dengan (DUDI) dan pengembangan agenda prioritas daerah.

“Vokasi sebagai pencetak lulusan yang terampil, profesioal dan siap untuk berkiprah di dunia usaha dunia industri (DUDI) diharapkan dapat ikut andil dalam menciptakan kualitas SDM yang unggul. Hal ini selaras sinergi “Pentahelix antara Perguruan Tinggi-Pemerintah Daerah- DUDI- Media dan Komunitas untuk dapat mendorong mendorong inovasi sesuai dengan potensi daerah dan keberadaan tenaga kerja yang unggul dan kompeten dari pendidikan vokasi. “ imbuh Tri Hadi.