MAHASISWA TATA BUSANA DAN TATA BOGA BERHASIL MERAIH EMPAT KEJUARAAN PADA LOMBA VOKASI NASIONAL (LVN) 2023

Mahasiswa Fakultas Vokasi UNY berhasil meraih empat kejuaraan dalam lomba Vokasi Nasional yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi UNY 2023 secara daring baru baru ini. Lomba Vokasi Nasional memperlombakan dua kategori yaitu desain fesyen dan cipta menu dan resep. Untuk Kategori desain Fesyen, Fakultas Vokasi berhasil meraih Juara I oleh Tim Mesada dan Juara III oleh Tim Jakalacme. Sedangkan untuk kategori cipta menu dan resep berhasil meraih Juara 1 oleh tim Limunous dan juara 2 oleh tim sutil. Lomba ini dikuti oleh 178 mahasiswa terdiri dari 48 tim dari 11 perguruan tinggi di Indonesia.

Menurut Ketua Panitia, Ardy Seto Priambodo,M.Eng. menyampaikan bahwa lomba vokasi nasional ini merupakan ajang kejuaraan pertama kali yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi. Kategori yang diperlombakan adalah tentang desain fesyen dan cipta menu dan resep. “Pada bidang lomba Desain Fesyen yakni Pembuatan Desain Kostum Dance Bertema Mix Culture, dan pada bidang lomba Cipta Menu dan Resep yakni Menu Bekal Sekolah Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) untuk Anak Autis, ungkap Ardy.

Menurut Menurut Wakil Dekan Akademik, kemahasiswaan dan Alumni, Dr.Ir. Sutopo, M.T. menyampaikan bahwa lomba vokasi nasional merupakan komitmen UNY untuk terus berkiprah dalam dunia vokasi. Lomba ini merupakan wadah dan ajang kompetisi bagi bagi mahasiswa vokasi menunjukkan kompetensi sesuai dengan bidang keilmuan untuk mendapatkan pengakuan dan award secara sportif. “dengan mengikuti lomba seperti sebagai ajang bagi para mahasiswa untuk memiliki kemampuan berkembang lebih baik lagi, bisa saling sharing ilmu dengan rekan sejawat sehingga kedepannya bisa berkolaborasi menciptakan inovasi terbaru”, ungkap Sutopo.

Selain itu dengan lomba ini mahasiswa akan mendapatkan masukan dari para juri dan rekan sebagai sarana belajar untuk bahan evaluasi agar lebih baik lagi,” harap Sutopo. (Laila Nurul/TH)