Prodi Tata Rias gelar Ujian Akhir Upacara Adat

Mahasiswa Prodi Sarjana Terapan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Vokasi UNY selenggarakan Ujian Akhir Semester (UAS) praktik gabungan. Ujian praktik gabungan dari 3 mata kuliah Dekorasi dan Hantaran Pernikahan, Rias Pengantin Indonesia, dan Tata Upacara Pernikahan. UAS ini dilaksanakan pada hari Selasa (21/11) di Plaza UNY Wates.

Menurut Koorprodi Tata Rias dan Kecantikan, Eni Juniastuti menyampaikan ujian praktek gabungan ini kali ini kita adakan di Plaza UNY karena agar bisa menampung jumlah kuota sejumlah 138 mahasiswa. Selain itu kegiatan ini juga untuk ajang promosi dan memaksimalkan kompetensi mahasiswa supaya kelak mahasiswa mampu berkiprah langsung di dunia industri wedding organizer atau jasa yang berkaitan dengan mata kuliah ini. "Saya berharap mahasiswa dapat mengambil poin-poin dari praktik mata kuliah ini untuk dapat menginspirasi saat mereka terjun langsung di dunia kerja masa depan”, imbuh Eni.

Pada kegiatan ini, mahasiswa Sarjana Terapan Tata Rias Semester 5 yang yang dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelas E, F dan I berkolaborasi dalam melakukan ujian praktik pada mata kuliah Dekorasi dan Hantaran Pernikahan dan matakuliah tata upacara adat.

Menurut Koordinator Pelaksana UAS gabungan, Asi Tritanti,M.Pd. menjelaskan untuk ujian praktek pada matakuliah tata upacara adat, setiap kelas masing-masing melakukan upacara adat. Untuk kelas E melakukan upacara adat Mitoni. Pada Upacara Mitoni ada mahasiswa berperan sebagai wanita yang sedang hamil lalu melakukan prosesi siraman dengan air tujuh mata sumber. Untuk kelas F melakukan upacara adat Siraman dan Midodareni. Pada prosesi ini ada mahasiswa yang memperankan sebagai calon pengantin dan melakukan prosesi siraman dan midodareni.. Untuk kelas I melakukan prosesi upacara adat Ijab Qabul dan dilanjutkan dengan prosesi Panggih.

Tata acara upacara adat yang dilakukan oleh mahasiswa inipun sesuai dengan urutan, yaitu pertama upacara siraman dan serah-serahan dari calon pengantin. Yang kemudian dilanjutkan dengan upacara Ijab Qobul dan prosesi Panggi. Dan yang terakhir yaitu upacara adat Mitoni. Upacara adat Mitoni merupakan prosesi yang dilakukan pada saat kehamilan tujuh bulan.

Kegiatan UAS praktik gabungan dinilai oleh tim penilai ujian pada matakuliah hantaran dekorasi pelaminan, yaitu Septi Nawanksari, M.Pd. dan Asi Tritanti. Sedangkan 3 dosen penilai untuk ujian praktek Tata Upacara Adat yaitu Mausa Agrevinna, M.Pd. ,Septi Nawanksari, M.Pd. serta Eni Juniastuti, M.Pd.(Kartika/tha)