PGSD UNY GALAKKAN KEMBALI UPACARA BENDERA

Tampak ada yang berbeda pada hari Senin (14/9/2015) di halaman UNY Kampus Wates. Mahasiswa mengenakan pakaian putih hitam berderet membentuk barisan.  Para mahasiswa PGSD FIP UNY menggelar Upacara Bendera untuk pertama kalinya setelah sekian lama vakum. Petugas Upacara bendera perdana ini diemban oleh HIMA PGSD FIP UNY dengan pemimpin upacara Arman Zuliadi. Peserta upacara ini adalah seluruh mahasiswa PGSD kecuali mahasiswa semester tujuh yang masih melaksanakan PPL.

Pada amanat Pembina Upacara, Aprilia Tina Lidyasari M.Pd. menyampaikan bahwa upacara bendera merupakan wujud syukur atas perjuangan para pendahulu bangsa demi meraih kemerdekaan. “ Sebagai mahasiswa yang merupakan penerus cita cita luhur para pejuang bangsa selayaknya memiliki jiwa patriotisme terhadap bangsa dan negara. Serta sebagai calon guru, upacara bendera ini dapat dijadikan bekal bagi mahasiswa saat PPL untuk membimbing peserta didik latihan upacara bendera. Upacara bendera ini akan diagendakan rutin setiap senin di tiap minggunya,” tandas Aprilia yang juga pendamping mahasiswa PGSD.

Dwi Cahyono, Ketua HIMA PGSD Wates menyambut positif atas kembali diadakannya upacara bendera setiap hari Senin.  “Kegiatan ini akan bermanfaat bagi mahasiswa yang akan menjadi guru sebagai modal untuk memberikan contoh pada peserta didik tentang teknis upacara bendera selain juga untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap air,” ungkap Cahyono.

“Mengawali upacara bendera ini mungkin masih ada kekurangan tapi untuk kedepannya akan terus diperbaiki.  Setiap kekurangan tersebut akan dijadikan bahan evaluasi untuk petugas selanjutnya. Sehingga ke depannya akan menjadi lebih baik. Petugas upacara bendera selanjutnya akan dijadwal per kelas untuk setiap angkatan,”pungkas Cahyono.